Resep Donat Kentang Lezat dan Empuk | Mudah Dibuat di Rumah

Resep Donat Kentang Lezat dan Empuk | Mudah Dibuat di Rumah

Siapa yang tidak suka dengan donat? kali ini kami akan membagikan resep donat kentang yang lezat dan empuk. Bagi kamu yang ingin membuat camilan yang berbeda dari biasanya, resep juga wajib kamu coba. Selain itu, bahan-bahannya sangat mudah anda cari dan mudah untuk kamu buat. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati donat, karena kamu bisa membuat sendiri di rumah. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat donat kentang yang lezat dan empuk:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Kentang rebus 1 buah (haluskan)
Ragi instan 1 sendok makan
Gula pasir 50 gram
Telur ayam 1 butir
Mentega 50 gram (lelehkan)
Susu cair 100 ml
Garam 1/2 sendok teh

Jika kamu ingin membuat donat kentang yang lebih kaya rasa, kamu bisa menambahkan vanila extract atau kayu manis bubuk sesuai dengan selera. Selain itu, apabila kamu tidak memiliki ragi instan, kamu bisa menggantinya dengan ragi biasa lho.

Cara Membuat Donat Kentang yang Enak

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat kentang. Kupas kentang, cuci bersih, potong dadu dan rebus hingga empuk. Tiriskan dan haluskan menggunakan potato ricer.
  2. Dalam wadah terpisah, campurkan telur, gula, mentega cair, susu cair, dan ragi instan. Aduk hingga rata.
  3. Tambahkan kentang yang telah dihaluskan ke dalam campuran telur dan aduk rata menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  4. Setelah tercampur rata, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil aduk terus hingga adonan tercampur rata dan kalis.
  5. Biarkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Setelah itu, gilas adonan hingga setebal 1 cm dan potong menggunakan cetakan donat.
  6. Letakkan donat di atas loyang dan tunggu selama 20-30 menit hingga mengembang kembali.
  7. Selanjutnya panaskan minyak dalam wajan dan goreng donat hingga kecoklatan. Setelah itu, tiriskan donat pada tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak.
  8. Donat kentang siap disajikan dan dapat ditambahkan topping sesuai selera.

Tips agar Donat Kentang Tetap Empuk

Setelah mengikuti resep donat kentang yang lezat dan empuk ini, pastikan donat kentang tetap empuk dengan mengikuti tips berikut:

Tips Keterangan
Simpan dalam wadah kedap udara Setelah donat kentang matang dan dingin, simpan dalam wadah kedap udara seperti toples atau tupperware untuk mencegah kelembapan dan udara masuk ke dalam donat.
Taburi gula bubuk sebelum disimpan Sebelum kamu simoan, taburkan sedikit gula bubuk di atas donat kentang untuk membantu menjaga kelembapan donat kentang.
Jangan menambahkan terlalu banyak tepung Pastikan tidak menambahkan terlalu banyak tepung saat membuat adonan. Terlalu banyak tepung dapat membuat donat kentang kering dan keras ketika disimpan dalam waktu lama.
Tambahkan telur atau susu Tambahkan satu butir telur atau setengah cangkir susu ke dalam adonan. Kedua bahan ini dapat membantu menjaga kelembapan donat kentang.
Jangan memasak terlalu lama Memasak donat kentang terlalu lama dapat membuatnya kering dan keras. Pastikan untuk memasak donat kentang dengan waktu yang tepat sesuai dengan resep.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat donat kentang yang tetap empuk dan lezat bahkan setelah disimpan dalam waktu lama.

Variasi Donat Kentang yang Bisa Dicoba

Jika kamu sudah mahir membuat donat kentang yang lezat dan empuk, cobalah variasi-variasi berikut untuk menambahkan variasi menu di rumah.

Variasi Cara membuat
Donat kentang coklat Tambahkan coklat bubuk ke dalam adonan. Setelah donat matang, taburi dengan gula bubuk coklat.
Donat kentang isi keju Buat adonan seperti biasa. Setelah menggembung, pipihkan adonan dan letakkan sepotong keju. Lipat adonan dan rapatkan. Goreng hingga matang dan sajikan.
Donat kentang topping coklat dan kacang Larutkan coklat batangan dan oleskan pada donat yang sudah matang. Taburi dengan kacang panggang yang sudah dihancurkan. Sajikan.

Coba juga dengan topping atau isian lain sesuai dengan selera kamu. Selamat mencoba!

Video Tutorial Membuat Donat Kentang

Berikut ini adalah video tutorial cara membuat donat kentang yang dapat diikuti dengan mudah:

“Hai semuanya, kali ini saya akan menunjukkan cara membuat donat kentang yang empuk dan lezat. Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan seperti tertera pada resep. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memulai proses pembuatan.”

Kemudian, dalam video tersebut akan diperlihatkan langkah-langkah membuat donat kentang secara detail, mulai dari mengolah adonan hingga memanggang donat. Dalam setiap langkah akan kami berikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami.

Jadi, untuk yang lebih suka belajar dengan melihat, video tutorial ini bisa menjadi alternatif untuk memahami cara membuat donat kentang dengan baik.

Resep Donat Kentang untuk Pemula

Jika Anda sedang mencoba membuat donat kentang untuk pertama kali, jangan khawatir! Kami punya resep yang disederhanakan untuk pemula.

Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Kentang rebus, haluskan 150 gram
Ragi instan 1 sendok teh
Gula pasir 50 gram
Mentega 50 gram
Susu cair 100 ml
Garam 1/2 sendok teh
Minyak goreng Secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Campurkan semua bahan kering ke dalam mangkuk besar dan aduk rata.
  2. Tambahkan susu cair dan kentang halus. Aduk rata sampai tercampur sempurna.
  3. Diamkan adonan selama 1-2 jam hingga mengembang dua kali lipat.
  4. Giling adonan dan bentuk sesuai selera. Diamkan selama 15-20 menit hingga mengembang kembali.
  5. Goreng donat dengan minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang hingga berwarna kecoklatan.
  6. Selanjutnya angkat dan tiriskan.
  7. Donat kentang siap disajikan!

Selamat mencoba!

Baca Juga : Resep Perkedel Kentang

FAQ Tentang Donat Kentang

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang donat kentang.

1. Apa yang bisa saya gunakan jika saya tidak punya kentang?

Jika Anda tidak punya kentang, Anda juga bisa mengganti dengan ubi jalar atau labu. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan tekstur donat bisa sedikit berbeda.

2. Bagaimana cara menyimpan donat agar tetap empuk?

Anda juga bisa menyimpan donat dalam wadah kedap udara atau dalam kantong plastik. Jangan lupa untuk menaruh selembar tissue di dalam wadah untuk menyerap kelembaban. Selanjutnya simpan donat di tempat yang sejuk dan kering.

3. Mengapa donat saya keras?

Mungkin karena donat terlalu lama dikukus atau digoreng, atau karena terlalu banyak tepung terigu dalam adonan. Pastikan juga untuk mengikuti semua langkah dalam resep dengan benar dan tidak mengubah takaran bahan.

4. Bisakah saya membuat donat kentang tanpa telur?

Bisa juga, Anda bisa mengganti telur dengan bahan lain seperti yogurt, susu, atau pisang yang sudah dihaluskan. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan tekstur donat bisa sedikit berbeda.

5. Bagaimana cara membuat donat kentang yang rendah kalori?

Anda juga bisa mengganti tepung terigu dengan tepung almond atau tepung oat, dan mengganti gula dengan pemanis rendah kalori seperti stevia atau xylitol. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan tekstur donat bisa sedikit berbeda.

You might also like