Resep Tempe Bacem – Nikmatnya yang Gurih dan Lezat!

Resep Tempe Bacem – Nikmatnya yang Gurih dan Lezat!

Apakah Anda mencari resep tempe yang lezat dan gurih? Tempe bacem bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencoba. Selain rasanya yang lezat, tempe bacem juga mudah untuk dibuat di rumah. Artikel ini akan memberikan resep tempe bacem yang mudah, dari berbagai variasi tempe bacem, serta informasi tentang manfaat kesehatan dari tempe bacem. Yuk, simak selengkapnya!

Resep bahan-bahan untuk Membuat Tempe Bacem

Tempe bacem adalah makanan yang terbuat dari tempe yang dipotong-potong dan direbus dengan bumbu yang gurih dan manis. Untuk membuat tempe bacem yang enak dan lezat, membutuhkan beberapa bahan yang berkualitas. Berikut adalah beberapa bahan untuk membuat tempe bacem:

Bahan Jumlah
Tempe 400 gram
Kecap manis 2 sendok makan
Gula merah 100 gram
Garam 1 sendok teh
Air 400 ml
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Minyak goreng Secukupnya

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Pilih tempe yang masih segar dan lembut, serta gula merah yang berkualitas baik. Jangan lupa untuk mencuci bersih semua bahan.

Cara Membuat Resep Tempe Bacem yang Enak dan Gurih

Untuk membuat tempe bacem yang enak dan gurih, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Persiapkan bahan-bahan yang anda perlukan, seperti tempe, gula jawa, bawang putih, asam jawa, dan rempah-rempah seperti ketumbar, kayu manis, dan cengkeh.
  2. Potong-potong tempe sesuai selera, kemudian rebus tempe selama beberapa menit hingga empuk.
  3. Selanjutnya, membuat bumbu. Tumis bawang putih dengan minyak goreng hingga harum.
  4. Tambahkan gula jawa, asam jawa, kayu manis, dan ketumbar ke dalam bumbu yang sudah ditumis. Aduk hingga bumbu tercampur rata.
  5. Kemudian, campurkan tempe yang sudah direbus ke dalam bumbu. Aduk rata dan biarkan tempe meresap bumbu selama minimal 1 jam.
  6. Setelah itu, masak tempe bacem ke dalam panci dengan api kecil hingga bumbu meresap dan tempe bacem matang sempurna.

Catatan: Untuk hasil terbaik, biarkan tempe bacem yang sudah dimasak selama beberapa jam sebelum disajikan agar bumbu meresap dengan baik.

Variasi Tempe Bacem yang Bisa Dicoba di Rumah

Memasak tempe bacem tidak selalu harus dengan bumbu yang sama. Ada banyak cara untuk mencoba variasi baru dan membuat hidangan yang lebih berwarna. Berikut ini adalah beberapa ide untuk mencoba variasi tempe bacem yang enak:

Variasi Cara Membuat
Tempe Bacem Pedas Tambahkan sedikit cabai merah atau cabe rawit untuk memberi rasa pedas yang lebih. Jangan lupa untuk mengurangi gula pasirnya agar tidak terlalu manis.
Tempe Bacem Kacang Hijau Tambahkan kacang hijau ke dalam resep untuk memperkaya nutrisi dan memberikan variasi rasa. Kacang hijau juga membantu menyeimbangkan rasa manis dan asin.
Tempe Bacem Wortel Tambahkan wortel ke dalam resep untuk memberi rasa yang lebih manis dan memberikan tekstur yang berbeda.

Anda juga dapat mencoba variasi lainnya, seperti menambahkan kecap manis, bawang putih, atau rempah-rempah seperti kayu manis atau cengkeh. Gunakan imajinasi Anda dan temukan variasi yang paling anda sukai.

 

Kombinasi Makanan yang Cocok dengan Tempe Bacem

Secara tradisional, tempe bacem cocok dengan nasi putih dan sayuran sebagai pelengkap. Namun, terdapat beberapa kombinasi makanan yang dapat membuat hidangan ini semakin lezat.

Sajian Tempe Bacem dengan Nasi Goreng

Sajian tempe bacem juga bisa dijadikan sebagai topping pada nasi goreng. Perpaduan gurih dari nasi goreng dan manis dari tempe bacem, akan menghasilkan cita rasa yang unik dan enak di lidah.

Sajian Tempe Bacem dengan Mi Goreng

Bagi Anda yang menyukai mi goreng, mencoba membuat kombinasi dengan tempe bacem bisa menjadi pilihan yang tepat. Tambahkan potongan tempe bacem sebagai topping pada mi goreng akan memberi rasa manis dan gurih yang menggoda.

Sajian Tempe Bacem dengan Sate

Jika Anda sedang membuat sate, tempe bacem bisa dijadikan sebagai sate yang unik dan lezat. Iris tempe bacem dan tumpuk dengan potongan daging atau sayuran pada tusukan sate. Panggang dengan bumbu sate, maka sajian unik ini siap disantap.

Sajian Tempe Bacem dengan Salad

Untuk yang ingin mencoba gaya hidup sehat, sajian salad dengan tempe bacem dapat menjadi pilihan. Sajikan dengan sayuran segar seperti selada, tomat, dan mentimun, serta tambahan potongan tempe bacem. Sajikan dengan dressing salad yang favorit, maka sajian ini siap menemani makan siangmu.

Itulah beberapa kombinasi makanan yang cocok dengan tempe bacem. Namun, Anda juga dapat mencoba sendiri kombinasi makanan yang sesuai dengan selera Anda.

 

Manfaat Sehat dari Tempe Bacem

Tempe Bacem adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tempe yang dicampur dengan bumbu dan gula merah. Selain enak dan lezat, tempe bacem juga memiliki sejumlah manfaat sehat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari konsumsi tempe bacem:

Manfaat Keterangan
1. Sumber Protein yang Baik Tempe merupakan sumber protein nabati yang sangat baik, dan dalam tempe bacem, protein ini dipadukan dengan gula merah yang menghasilkan rasa manis yang enak.
2. Rendah Lemak Meskipun tempe bacem memiliki rasa manis, ia masih rendah lemak dibandingkan dengan makanan manis lainnya, sehingga lebih baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan.
3. Meningkatkan Kesehatan Usus Tempe mengandung bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan tubuh.

Selain manfaat-manfaat di atas, tempe bacem juga dapat memberikan nutrisi penting lainnya untuk tubuh, seperti vitamin B kompleks, serat, dan zat besi. Namun, di sisi lain, perlu diingat bahwa tempe bacem juga mengandung gula yang cukup tinggi. Oleh karena itu, seperti dengan makanan manis lainnya, konsumsilah secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

 

Kemudahan dalam Membuat dan Menyimpan Tempe Bacem

Salah satu keuntungan besar dari membuat tempe bacem adalah kemudahannya. Resep ini tidak memerlukan banyak waktu atau peralatan khusus, dan Anda dapat membuatnya dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar. Selain itu, tempe bacem juga dapat disimpan dalam waktu yang lama, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk disiapkan di awal minggu dan dimakan sepanjang minggu.

Jika Anda ingin membuat tempe bacem dalam jumlah besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk memasaknya dalam panci presto. Dengan memasak tempe bacem dalam panci presto, waktu memasak dapat dipangkas hingga setengah dari waktu memasak biasa. Selain itu, menggunakan panci presto juga membuat tempe bacem lebih empuk dan lezat.

Saat menyimpan tempe bacem, pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah kedap udara di lemari es. Sebaiknya tidak menyimpan tempe bacem dalam suhu ruangan, karena ini dapat membuatnya cepat basi. Jika Anda tidak akan memakan tempe bacem dalam waktu dekat, Anda bisa menyimpannya dalam freezer. Sebelum memakannya, pastikan untuk menghangatkan terlebih dahulu agar teksturnya tetap enak dan lezat.

 

Tips Memilih Tempe yang Berkualitas untuk Tempe Bacem

Memilih tempe yang berkualitas merupakan langkah awal yang penting dalam membuat tempe bacem yang lezat dan gurih. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih tempe yang tepat:

  • Pilih tempe yang segar dan organik: Tempe yang segar akan memiliki aroma yang sedap dan warna yang cerah. Pastikan tempe yang dibeli tidak berjamur dan berasal dari kedelai organik untuk kualitas terbaik.
  • Perhatikan tekstur tempe: Pilih tempe yang terasa padat dan cukup keras saat disentuh. Hindari tempe yang terasa terlalu empuk atau berair, karena ini menunjukkan status kualitas yang sudah menurun.
  • Pilih jenis tempe yang sesuai: Terdapat berbagai jenis tempe, seperti kedelai, beras, atau kacang hijau. Pilih jenis tempe yang sesuai dengan resep tempe bacem yang akan anda gunakan.

Dengan memilih tempe yang berkualitas, Anda dapat memastikan rasa dan kualitas resep tempe bacem. Selamat mencoba!

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Sederhana

Pertanyaan-pertanyaan Umum tentang Tempe Bacem

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang tempe bacem:

1. Berapa lama simpan tempe bacem?

Anda dapat menyimpan tempe bacem dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama kurang lebih 1 minggu.

2. Apakah tempe bacem dapat di-freeze?

Ya, tempe bacem dapat di-freeze. Sebelum membekukan, pastikan tempe bacem sudah dingin. Untuk mengembalikan tekstur dan rasa yang sedap, simpan tempe bacem di dalam kulkas selama beberapa jam.

3. Bagaimana cara mengatur rasa tempe bacem agar sesuai dengan selera?

Jika ingin merubah rasa tempe bacem agar lebih pedas atau manis, Anda bisa menyesuaikan jumlah bumbu atau mempergunakan bumbu yang berbeda. Sebelum memasak tempe bacem, sebaiknya cicipi rasa bumbunya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan selera Anda.

4. Mengapa tempe bacem terlalu asam?

Tempe bacem mungkin terlalu asam karena bumbu terlalu banyak atau kurang gula. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menambahkan gula secukupnya untuk menyeimbangkan rasa.

5. Bagaimana cara membuat tempe bacem agar empuk?

Agar tempe bacem menjadi empuk, sebaiknya rendam terlebih dahulu tempe dalam air selama kurang lebih 1 jam sebelum dimasak. Selain itu, pastikan tempe dalam keadaan segar dan berkualitas baik. Jangan lupa untuk memasukkan tempe ke dalam panci saat air sudah mendidih dan jangan diaduk terlalu sering agar tempe tidak hancur.

6. Apakah tempe bacem bisa menjadi hidangan lain?

Tentu saja! Tempe bacem bisa menjadi hidangan lain seperti tumis tempe bacem, nasi goreng tempe bacem atau sate tempe bacem. Anda bisa bereksperimen dengan bahan-bahan lain yang Anda suka untuk menciptakan variasi hidangan yang lezat.

You might also like